Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Perlukah Install Antivirus di Ponsel Android ?

iTekno.co.id - Sudah tidak dipungkiri lagi, Android menjadi sistem operasi smartphone paling banyak digunakan saat ini. Penggunaan smartphone Android tidak terlalu jauh berbeda penggunaannya dengan komputer pada umumnya yang dapat menerima, memasang file dan aplikasi dengan bebas. Sering muncul pertanyaan, Apakah perlu memasang Antivirus di smartphone Android saya ?


Baca Juga : Cara Charge Baterai Smartphone Yang Benar

antivirus untuk android

Jawaban saya tidak langsung YA atau TIDAK karena hal ini tergantung kebutuhan Anda dalam menggunakan smartphone Android tersebut. Baiklah, mari kita simak ulasannya berikut ini.


1. Jawaban, BELUM PERLU


Eittsss, jangan kaget dulu. Jika Anda menggunakan smartphone Android hanya untuk sekedar menelepon, SMS, chatting, social network dan bermain game saja saya kira belum terlalu perlu memasang Antivirus di ponsel Android Anda. Apalagi ponsel Android yang Anda miliki memiliki keterbatasan dalam spesifikasi.


Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan Android tidak ada masalah yang mengarah ke sasaran malware jahat seperti di komputer dengan OS Windows. Faktanya OS Android menggunakan base linux yang sulit untuk ditembus virus. Tapi bukan berarti tidak ada virus untuk Android, bahkan menurut beberapa penelitian dengan smakin menggiurkannya pengguna Android yang semakin meningkat berpotensi meningkatkan jumlah malware untuk menyerang Android tersebut.


Namun kebanyakan malware tersebut bermotif finansial, sperti pencurian identitas kartu kredit, dll. Selain itu juga penggunaan antivirus juga akan memakan banyak memory RAM yang akan menghambat kinerja Android.


Virus Android memang belum terlalu banyak dan malware ini sudah mulai beredar. Berikut ini beberapa tips agar Android terhindar dari malware :




  1. Jangan asal mendownload aplikasi gratisan di situs-situs yang kurang terpercaya (diluar Google PlayStore), karena kemungkinan terdapat malware pada aplikasi tersebut, atau bisa saja si pengunggah file menyisipkan malware pada APK tersebut. Saya sarankan untuk menginstall aplikasi Android resmi dari Google PlayStore.

  2. Jangan asal mengklik iklan yang ada pada Android selagi berselancar di internet, karena malware dapat mudah masuk melalui iklan-iklan yang beredar bebas di internet.

  3. Jangan asal menerima file dari bluetooth orang lain, kadang malware bisa masuk melalui file yang dikrimkan orang lain ke pada kita melalui bluetooth.

  4. Yang paling penting ialah be a smart user, install aplikasi dengan bijak, gunakan internet dengan bijak dan hindari penggunaan aplikasi/game dari black market atau situs diluar Google Playstore.


2. Jawaban, YA PERLU


Seperti yang saya jelaskan di atas, antivirus diperlukan karena smartphone cukup rentan terhadap serangan virus sama seperti PC dan laptop. Karena smartphone Android bekerja layaknya komputer mini, hanya saja tidak setangguh PC tetapi sama mudahnya menjadi target serangan.


Apalagi jika smartphone Android Anda sering digunakan untuk bertransaksi keuangan, seperti Internet Banking, belanja online dan aktifitas finansial lainya. Sebaiknya Anda memasang Antivirus pada Android, apalagi banyak vendor antivirus besar yang sudah terjun membuat antivirus untuk Android dan yang lebih hebatnya lagi GRATIS alias FREE.


Seperti Avast Antivirus, AVG Antivirus, McAffe, Bitdefender dll, sudah menyediakan antivirus untuk Android. Anda bisa mencobanya melalui Google Play Store.


Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Perlukah Install Antivirus di Ponsel Android ?"

Back To Top