Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Nokia Hadirkan Ponsel Android Pertama, Harga 1,4 juta

iTekno.co.id - Sesuai yang banyak dirumorkan bahwa Nokia akan merilis seri smartphone Android untuk pertama kalinya. Hal itu terjawab sudah pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona. Nokia akhirnya secara resmi memperkenalkan seri ponsel Android murah pertama mereka. (baca : Nokia X A110 (Normandy), Ponsel Android dari Nokia Dengan OS KitKat)


Nokia X, Android Nokia Pertama


Nokia dengan sistem operasi Android itu di beri brand seri Nokia X, yang sebelumnya banyak disebut ponsel Android dari Nokia ini akan menyandang nama Nokia Normandy. Kehadiran smartphone Nokia X sekaligus menambah jajaran baru ponsel Nokia. Sebelumnya, Nokia memiliki Asha untuk ponsel pintar low end dan Lumia untuk smartphone jajaran menengah atas.


Seperti yang diberitakan situs Phone Arena, Senin 24 Februari 2014, Nokia menghadirkan tiga seri yakni Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Seri Nokia X dan Nokia X+ tampil dengan desain monobodi dan bentang layar 4 inchi layar sentuh. Menariknya, dua seri ini menjalankan aplikasi Android Open Source Project (AOSP), dan tidak menggunakan layanan Google, misalnya komputasi awan Google dan Google Play.


Ponsel Android Nokia X sangat unik, sebab ponsel pintar ini menjalankan pengalaman Nokia dan layanan populer Microsoft, meskipun berbasis Android. Ini yang membuat ponsel Nokia X berbeda dengan ponsel Android vendor lain pada umumnya. Dengan merilis Nokia X, produsen ponsel asal Finlandia itu dapat mengambil manfaat kepopuleran aplikasi dan ekosistem Android, tapi dengan mempertahankan kekhasan Nokia. Dengan pendekatan ini memungkinkan pengembang Android mudah membawa aplikasi mereka ke lini Nokia X.


Dengan Nokia X, pengguna menggunakan komputasi awan Microsoft bukan komputasi awan Google. Untuk aplikasi, pengguna dapat mengakses aplikasi gratis dari Nokia Store dan Yandex Store, bukan lagi dari Google Play. Aplikasi populer yang sudah preloaded pada Nokia X ini yaitu Vine, BBM, Skype, Twitter, hingga Facebook.


Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 tersebut juga ditunjukkan demo tampilan antarmuka baru pada Nokia X dan navigasi yang fleksibel. Antarmuka Nokia X terdapat kotak Tile seperti versi Lumia. Namun, pengguna dapat mengubah ukuran kotak Tile tersebut seperti pada Live Tile pada Windows Phone.


Nokia beralasan, meski pengguna tak mendapatkan akses ke Google Play, pengguna masih bisa memanfaatkan pusat aplikasi pihak ketiga yang akan terhubung dengan Nokia Store. Sementara itu, seri Nokia XL hadir dengan bentang layar WVGA 5 inchi dipadu dengan kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP.


Untuk masalah pemetaan seri Nokia X menggunakan aplikasi besutan Nokia, Here Maps. Pengguna Nokia X nantinya juga akan diberikan layanan Skype gratis selama sebulan unlimited dan penyimpanan disediakan 10 GB OneDrive gratis.


Untuk masalah harga Nokia X dibanderol sekitar 89 euro atau setara Rp1,4 juta, Nokia X+ seharga 99 euro atau setara Rp1,58 juta, dan Nokia XL dibanderol 109 euro atau Rp1,74 juta.


Nah, demikian informasi mengenai kehadiran ponsel Android pertama dari Nokia, cukup membuat penasaran untuk kita tunggu kehadirannya di pasar gadget Indonesia.

0 Komentar untuk "Nokia Hadirkan Ponsel Android Pertama, Harga 1,4 juta"

Back To Top