Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Cara Install Aplikasi Android di Nokia X Dengan Mudah

iTekno.co.id - Smartphone Android pertama besutan Nokia, Nokia X telah resmi diperkenalkan. Smartphone ini merupakan perangkat pertama dari Nokia yang menjalankan sistem operasi Android, tepatnya versi 4.1.2 Jelly Bean atau yang disebut Nokia sebagai "Android Open Source Project" (AOSP).


Baca Juga : Nokia Hadirkan Ponsel Android Pertama, Harga 1,4 juta




[caption id="attachment_584" align="aligncenter" width="640"]cara install aplikasi android di nokia x Nokia X[/caption]

Meskipun smartphone ini berbasis Android, namun sayangnya Nokia memilih untuk tidak menyertakan layanan-layanan Google pada Nokia X, termasuk toko aplikasi Google Play. Lalu bagaimana pengguna Nokia X memperoleh aplikasi Android untuk dijalankan di ponselnya?


Berikut ini cara memasang aplikasi Android di Nokia X :


1. Install Melalui Nokia Store


Nokia Store merupakan toko resmi Nokia yang menyediakan berbagai macam aplikasi Android, layaknya Google Play milik Google. Nokia menjelaskan bahwa developer bisa langsung mengajukan file installer (APK) dari aplikasi mereka ke Nokia Store. Pemilik Nokia X pun bisa mengunduh aplikasi dari toko ini.


2. Install Melalui Toko Aplikasi Pihak Ketiga


Selain toko resmi seperti Google Play dan Nokia Store, aplikasi Android untuk Nokia X juga dapat diperoleh dari toko aplikasi pihak ketiga seperti Yandex, Amazon App Store, Getjar ataupun Opera Mobile Apps.


Nantinya tautan menuju toko-toko aplikasi ini bakal disediakan di Nokia Store untuk mempermudah pengguna dalam mencari aplikasi yang diinginkan.


3. Langsung Install File APK


Semua smartphone Android bisa memasang aplikasi dari file APK yang diperoleh dari sumber manapun, termasuk pula dengan Nokia X. Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan pilihan "allow installation of apps from unknown sources" di menu Setting dan langsung menginstall file APK ke memori ponsel. Namun Anda harus hati-hati, bahwa file APK harus diperoleh dari sumber terpercaya untuk menghindari kemungkinan infeksi malware.


Nokia sendiri menjanjikan bahwa 75 persen aplikasi Android yang beredar saat ini bisa dijalankan di Nokia X tanpa modifikasi apapun. Sebanyak 25 persen sisanya -terutama yang memakai layanan Google, seperti Maps atau mekanisme pembayaran dalam aplikasi- perlu di-porting terlebih dahulu menggunakan SDK Nokia X dan di-submit ke toko aplikasi Nokia Store.

0 Komentar untuk "Cara Install Aplikasi Android di Nokia X Dengan Mudah"

Back To Top