Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Daftar Aplikasi Wajib Untuk Android dan Penting Di Install

Bagi Anda pengguna baru smartphone Android, mungkin pernah merasa bingung aplikasi wajib Android yang penting dan perlu di install pertama kali apa saja ? Pertanyaan ini muncul salah satunya karena smartphone Android terdapat jutaan aplikasi baik gratis maupun berbayar yang siap dipasang pada smartphone kesayangan Anda. Termasuk, saya sendiri dulu waktu pertama menggunakan ponsel Android juga merasa bingung setelah melihat banyak sekali pilihan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi Android yang wajib dan penting untuk diinstall dismartphone yang mana saja?

Saya menyarankan untuk mengunduh aplikasi antivirus Android pertama kalinya sebelum saya mengunduh aplikasi lain di Google Play. Hal tersebut bertujuan agar smartphone Android yang Anda gunakan terjaga dan terlindungi dengan baik dari serangan virus atau malware sewaktu memasang aplikasi. Jadi disini saya sangat merekomendasikan kepada Anda bahwa aplikasi yang wajib untuk diinstall pertama kali adalah antivirus dan setelah itu Anda bisa menginstall aplikasi lain yang mungkin menurut Anda penting.

Aplikasi Wajib Android


Bagi Anda yang sering melakukan browsing tentunya Anda pasti membutuhkan aplikasi penunjang untuk kegiatan browsing Anda seperti Opera Mobile, Mozilla Firefox ataupun Google Chrome for Android. Aplikasi wajib Android berikut ada beberapa aplikasi yang telah kami rangkum dan kelompokkan berdasarkan kebutuhan. Berikut ulasannya:

Aplikasi Wajib Android : Antivirus for Android

Mengingat Android adalah platform sistem operasi Open Source maka sangat rentan terhadap serangan virus sehingga smartphone Anda tidak selamanya aman untuk menyimpan data dan informasi penting lainnya yang bersifat pribadi, untuk itu diperlukan aplikasi anti virus yang canggih karena bisa saja virus menyamar sebagai aplikasi yang Anda install sehingga dapat membahayakan perangkat yang kalian miliki. Berikut ini daftar antivirus Android terbaik untuk smartphone kesayangan Anda :

1. Norton Antivirus & Security for Android
2. Avast Mobile Security
3. Android Antivirus
4. Lookout Security dan Antivirus for Android
5. BitDefender Mobile Security & Antivirus
6. Kaspersky Mobile Security
7. Trend Micro Mobile Security & Antivirus
8. McAfee Security for Android
9. Avira Antivirus Security for Android

Untuk ulasan lebih lanjut tentang aplikasi antivirus Android terbaik, Anda bisa menyimak artikel Jajaran Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

Aplikasi Wajib Android : Browser for Android

Biasanya smartphone atau gadget Android pada umumnya telah dilengkapi browser bawaan, namun adakalanya kalian bosan dnegan browser default maka bisa mencoba alternatif lain seperti Opera ataupun Firefox. Berikut daftar aplikasi browser terbaik Android bisa Anda coba.

1. Google Chrome

Google Chrome disebut-sebut sebagai web browser Android terbaik saat ini. Google Chrome dibuat dan dikembangkan oleh Google.Inc, yang pada awalnya diciptakan hanya khusus bagi pengguna perangkat komputer saja. Namun maraknya penggunaan perangkat berbasis sistem Android di seluruh dunia, Google.Inc meluncurkan Google Chrome versi mobile yang dapat Anda gunakan pada perangkat Android Anda. Predikat web browser terbaik dari Google Chrome ini dinilai dari seberapa cepat Google Chrome dapat mengakses suatu situs. Web browser Google Chrome ini dapat Anda unduh di situs Google Play Store yang beralamat di  www.play.google.com secara gratis.

3. Opera Mobile

Opera Mobile juga termasuk ke dalam daftar browser terbaik saat ini. Opera Mobile dibuat dan dikembangkan oleh Opera Software yang juga sebagai pengembang Opera versi perangkat komputer. Opera Mobile juga disebut-sebut sebagai web browser terbaik saat ini, namun dari segi kecepatan dalam mengakses suatu situs, Opera Mobile masih kalah dengan para pesaingnya. Namun Opera Mobile memiliki fitur-fitur yang tidak kalah menarik. Opera Mobile dapat Anda unduh secara gratis di situs resmi Opera Mobile yang beralamat di  www.opera.com .

3. Firefox

Bagi yang gemar melakukan aktivitas browsing di perangkat komputer, pasti sudah akrab dengan web browser yang satu ini. Firefox dibuat dan dikembangkan oleh Mozilla Corporation. Pada awalnya Firefox hanya berjalan pada sistem operasi perangkat komputer saja, namun saat ini Firefox juga dapat Anda gunakan pada perangkat Android Anda. Firefox dapat Anda unduh langsung dari situs resmi Firefox yang beralamat di www.mozilla.org secara gratis.

4. Dolphin Browser HD

Dolphin Browser HD juga disebut-sebut sebagai web browser terbaik yang menduduki peringkat ketiga. Dolphin Browser HD dibuat dan dikembangkan oleh MoboTap Inc. Dolphin Browser HD ini memiliki fitur-fitur yang cukup menarik, salah satunya adalah Webzine. Dengan Webzine Anda akan mendapatkan update majalah hingga 300 judul majalah. Dolphin Browser juga memiliki tingkat kecepatan dalam mengakses suatu situs dengan sangat cepat. Web browser Dolphin Browser ini dapat Anda unduh dari situs resmi Dolphin Browser HD yang beralamat di www.dolphin-browser.com secara gratis.

5. Skyfire

Skyfire dibuat dan dikembangkan oleh Skyfire Labs, Inc. Saat ini Skyfire menduduki peringkat ke 2 dari segi kecepatannya dalam mengakses suatu situs. Skyfire memiliki fitur-fitur yang mungkin tidak akan Anda dapat di web browser lainnya, salah satunya adalah Video Compatible. Dengan fitur Video Compatible, Anda dapat streaming video dengan berbagai jenis file video, salah satunya adalah Flash Video (FLV). Web browser Skyfire ini dapat Anda unduh secara gratis langsung dari situs resmi Skyfire yang beralamat di www.skyfire.com.

Aplikasi Wajib Android : Social Media

Jaman sekarang sehari saja tidak membuka akun jejaring sosial rasanya ada yang kurang, untuk itu kamu bisa menginstall aplikasi wajib di Android seperti aplikasi jejaring sosial berikut ini: Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, Kakaotalk, WeChat atau BBM Android.

Aplikasi Wajib Android : File Manager

Aplikasi ini fungsinya untuk mengatur file pada memori internal dan eksternal (SD Card) atau dengan kata lain dengan File Manager kamu dapat mengelola atau sekedar melihat file yang kamu miliki, pada komputer atau laptop lazim disebut Windows Explorer, fungsinya itu kurang lebih sama.

Beberapa Aplikasi Penting untuk Android berupa File Manager yang terbaik adalah ES File Explorer & Manager, Astro File Manager untuk Android yang belum diroot sementara itu jika kamu sudah me-root Android kalian maka install aplikasi Root Explorer.

1. Explorer

Explorer merupakan aplikasi file manager untuk Android yang ringan, cepat, dan mudah digunakan. Cocok untuk penggunaan dasar seperti copy, move, delete, dsb. Kerennya, Explorer dilengkapi dengan fitur tab layaknya web browser, sehingga pengguna bisa membuka beberapa folder sekaligus.

2. ES File Explorer File Manager


ES File Explorer File Manager merupakan aplikasi file manager yang paling lengkap, selain berfungsi sebagai file manager, ES File Explorer File Manager bisa pula digunakan untuk mengelola aplikasi (install, uninstall, backup). Fitur-fitur dasar file manager tentu telah tersedia di ES, ditambah sejumlah fitur unggulan lain seperti FTP/SMB, Webdav, cache cleaner, autostart manager, download manager, image/video/music viewer/player dll.

3. FX File Explorer

FX File Explorer adalah file manager yang tampil dengan simpel dan elegan. Urusan performa, tak perlu diragukan lagi, Anda bisa menjelajahi isi SDcard Android Anda dengan cepat dan nyaman. Fitur-fitur file managernya bisa dibilang standar, namun ada beberapa fitur keren yang akan membuat Anda betah menggunakan FX File Explorer, dua di antaranya yaitu pinch-to-zoom dan split view.

4. Borqs File Manager


Secara default, Borqs File Manager akan mengelompokkan file Anda menjadi beberapa kategori, yaitu gambar, dokumen, video, musik, aplikasi yang terinstall, arsip (zip, rar, dll), APK, dan Favorites. Kendati begitu, Anda masih bisa menelusuri file-file Anda sebagaimana biasanya dengan mengakses tab Directory.

5. Arsen File Manager

Dari segi tampilan, Arsen File Manager terlihat seperti aplikasi file manager Android yang banyak beredar di Google Play Store. Bedanya, ada sedikit animasi manis saat pertama kali masuk Arsen dan saat berpindah folder atau direktori. Fitur file managernya sama dengan aplikasi sejenis pada umumnya.

6. ASTRO File Manager with Cloud

Seperti namanya, ASTRO File Manager with Cloud dapat digunakan untuk mengakses sejumlah layanan penyimpanan awan atau cloud storage, seperti Dropbox, Google Drive, Facebook, Box & OneDrive.

Aplikasi Wajib Android : Aplikasi Untilitas

Seiring lamanya penggunaan smartphone, adakalanya ponsel Android kalian menyimpan file-file sampah yang justru akan membuat Android jadi lemot, untuk itu aplikasi utililty untuk menjaga performance dan kinerja dari smartphone Anda, seperti Clean Master adalah salah satu rekomendasi aplikasi wajib di Android.

1. Clean Master (Cleaner) for Android

Aplikasi Clean Master ini disebut sebagai aplikasi utilitas Android terbaik. Selain Gratis, Clean Master juga memiliki segudang fitur yang benar-benar diperlukan oleh seorang pengguna Android. Fitur seperti Memory Booster, Junk Remover, Anti Virus dan fitur untuk membersihakn file sistem dari data-data sampah sehingga kinerja Android Anda menjadi optimal.

2. Advanced Task Manager


Advanced Task Manager dapat menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan, dan Anda dapat memilih beberapa untuk di hentikan. Ini juga merupakan alat manajemen task untuk mengelola semua aplikasi yang diinstal. Aplikasi ini telah melakukan yang terbaik untuk menghentikan task yang sedang berjalan dan kita mau menghentikannya, memori bebas, mempercepat telepon, menghemat baterai. Aplikasi ini secara otomatis menghentikan task setiap kali layar off. Selain itu, aplikasi ini memiliki uninstaller cepat dan manajer baterai.

3. Android Booster FREE

Android Booster adalah asisten Android untuk membersihkan dan memelihara smartphone atau tablet. Ini akan mengoptimalkan perangkat android dalam cara terbaik, performa yang secara otomatis akan mempercepat sistem andeoid anda. Android Booster sejauh ini telah diunduh oleh lebih dari jutaan kali, dan sekarang tersedia secara gratis di Play store. Android Booster memiliki utilitas manajer baterai untuk ponsel Android Anda dan memiliki satu fitur optimasi klik yang akan mengoptimalkan perangkat Anda sepenuhnya. Selain itu, aplikasi ini memiliki file manager, manager aplikasi dan alat Jaringan Manger. Juga aplikasi ini menyediakan beberapa alat Antivirus seperti virus scanner dan pelindung Privasi.

Aplikasi Wajib Android : Aplikasi Office / Document Reader

Saat itu fungsi smartphone Android sudah seperti layaknya PC karena dengan ponsel Android Anda bisa melaukan apa saja termasuk membaca dokumen, mengeditnya bahkan membuat dokumen baru. Untuk melakukan hal itu, silahkan menginstall aplikasi Polaris Viewer atau Kingsoft Office, bisa juga Quick Office sebagai alternative aplikasi wajib di Android lainnya.

1. Microsoft Office Mobile

Tidak diragukan lagi bahwa Office Mobile adalah aplikasi Office terbaik bagi platform Android. Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft yang tentu saja memiliki kompatibilitas penuh terhadap Microsoft Office. Dengan Office Mobile untuk Android kamu bisa membuat, mengedit, dan membaca dokumen Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

2. QuickOffice

Inilah aplikasi office untuk Android terbaik yang kedua. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google yang tentu saja secara kualitas tidak diragukan lagi. Quickoffice memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan membaca dokumen Microsoft Office. Dengan login ke Quickoffice kamu juga bakal bisa mendapatkan 15GB storage dari Google Drive untuk menyimpan seluruh dokumen yang kamu miliki. Selain bisa membuka dan mengedit dokumen Word, Excel, dan PowerPoint, Quickoffice juga bisa membaca file PDF.

3. Kingsoft Office Free

Aplikasi office Android terbaik ketiga adalah Kingsoft Office Free. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap, bahkan lebih lengkap daripada Microsoft Office Mobile sendiri. Kingsoft Office bisa membuat, mengedit, dan membaca dokumen Microsoft Office seperti Word, PowerPoint, dan Excel. Ada juga fitur integrasi dengan beberapa layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, Box, OneDrive, dan WebDAV. Lengkapnya fitur tersebut menjadi kelebihan Kingsoft Office dibandingkan dengan aplikasi office untuk Android lainnya.

4. Polaris Office


Polaris Office merupakan aplikasi office untuk Android yang layak menjadi pilihan karena dukungannya yang lengkap. Aplikasi ini tidak hanya support Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint saja, tetapi juga mendukung Apple Pages, Numbers, dan Keynote. Dokumen yang kamu edit akan otomatis tersimpan dan terupdate di cloud. Selain menggunakan layanan cloud milik Polaris sendiri, aplikasi ini juga support layanan cloud lain seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, uCloud, dan WebDAV. Sayangnya untuk bisa menikmati fitur download, edit, dan menyimpan dokumen langsung ke SD card, kamu harus membayar untuk mendapatkan fitur premiumnya.

5. Docs To Go

Aplikasi office untuk Android terakhir yang bisa kamu pilih adalah Docs To Go. Dibandingkan dengan aplikasi lain diatas, fiturnya memang terbilang tidak istimewa. Tetapi dengan aplikasi ini Anda tetap mendapatkan hal yang paling penting dari semua fitur, yaitu kemampuan untuk membuat, mengedit, dan membaca dokumen Microsoft Office.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis dan pengelompokan Aplikasi Wajib dan Penting untuk Android yang dapat Anda install untuk memaksimalkan kinerja dan fungsionalitas smartphone Android yang kalian miliki. Semua jenis aplikasi diatas dapat diunduh di Google Play, Anda tinggal mengetiknya di kolom search untuk memudahkan. Selamat Mencoba!

0 Komentar untuk "Daftar Aplikasi Wajib Untuk Android dan Penting Di Install"

Back To Top