Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Memilih Paket Internet Smartphone Android Dengan Tepat

Paket Internet Android - Saat ini pengguna Internet di negara-negara berkembang seperti Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, peningkatan pengguna internet di Indonesia sepertinya lebih condong terhadap layanan jejaring sosial dibanding dengan penggunaan layanan lainnya. Dengan semakin bertambahnya pengguna smartphone menjadi salah satu alasan peningkatan pengguna Internet di Indonesia, khususnya untuk layanan jejaring sosial. Bahkan, tidak jarang para produsen smartphone hanya menonjolkan fitur jejaring sosialnya dibandingkan dengan fitur penting lainnya.

Faktanya, memang banyak orang yang menggunakan smartphone hanya karena ingin merasa lebih fleksibel dalam mengakses Facebook. Fitur lain seperti email atau dokumen justru hanya menjadi hal yang kesekian. Para penyedia layanan telekomunikasi kemudian menangkap fenomena ini sebagai sebuah target pasar. Mereka akhirnya menyediakan berbagai macam promo paket internet yang gencar mereka promosikan melalui SMS, menggantikan promo mengenai tarif telpon dan SMS yang kini sudah jarang dijumpai.

Memilih Paket Internet Smartphone Android Dengan Tepat

Tips Memilih Paket Internet Android

Paket internet yang ditawarkan oleh setiap operator telekomunikasi jelas berbeda-beda, mulai dari yang berbasis kuota, hingga yang memiliki kecepatan tanpa batas. Setiap operator menawarkan paket internet yang cukup banyak macamnya, ada yang berbasis kuota, atau berbasis kecepatan (unlimited). Sebelum Anda memutuskan untuk memilih paket internet tertentu, pastikan untuk lebih mengenal aktivitas Anda dalam menggunakan internet. Dengan demikian, Anda bisa lebih bijak dalam menentukan paket data internet yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa golongan pengguna internet yang sebaiknya Anda pahami agar bisa membantu untuk menentukan pilihan paket internet, terutama bagi Anda pengguna Android.

Jejaring Sosial

Bagi Anda yang menggunakan smartphone berbasis Android namun hanya menggunakannya untuk sekedar bermain sosial media atau instant messenger, pilihlah paket internet yang berbasis kuota. Pertimbangannya, aktivitas internet seperti ini tidaklah membutuhkan paket data secara besar. Bahkan penggunaan kuota sebesar 2 GB sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan Anda selama sebulan. Dengan menggunakan paket internet kuota ini, Anda bisa mendapatkan kecepatan yang lebih kencang jika dibandingkan dengan penggunaan paket unlimited.

Email, Dokumen, dan Multimedia

Tips memilih paket internet Android selanjutnya adalah bagi Anda yang memiliki aktifitas yang berhubungan dengan dokumen atau file-file. Aktivitas internet yang berhubungan dengan email berlampiran akan membutuhkan paket data yang besar. Hal ini tentu saja berbeda dengan mereka yang menggunakan sosial media, pasalnya lampiran file seperti foto akan dikompress ukurannya. Sedangkan mengirim file melalui email tidak akan mengubah ukuran aslinya. Untuk itu, bagi Anda yang sering melakukan aktifitas internet seperti ini, gunakanlah paket data dengan kuota sekitar 4 hingga 6 GB perbulan. Tapi jika Anda memiliki kebiasaan untuk mengakses konten multimedia seperti video, sebaiknya pilihlah paket unlimited meskipun kecepatannya akan lebih rendah.
Tethering

Perangkat-perangkat Android belakangan ini sudah dilengkapi dengan kemampuan tethering, sehingga bisa menjadi koneksi utama untuk berbagai gadget lainnya. Dalam artian lain, perangkat Android saat ini sudah bisa menjadi hotspot sendiri, sehingga bisa dijadikan sebagai access point untuk gadget lain. Bagi Anda yang sering menggunakan perangkat Android untuk melakukan hal seperti ini, sebaiknya pilihlah paket internet unlimited namun dengan kecepatan penuh. Pasalnya, paket internet yang unlimited namun masih dengan kecepatan yang pas-pasan hanya membuat semua gadget terkena imbasnya, yaitu akses internet yang lambat.

Namun sekarang ini sudah banyak operator yang menyediakan Kartu Perdana dan paket khusus untuk smartphone seperti Android. Misalnya Telkomsel merilis Kartu Perdana Simpati 24GB setahun dengan akomodasi 2GB/bulan. Atau operator 3 dengan paket AON-nya. Begitu juga dengan operator lain seperti XL dan Indosat. Dengan membeli kartu perdana dengan paket khusus untuk smartphone Android jelas harganya lebih murah.

Dalam memilih paket internet untuk Android, dituntut sebuah kejelian bagi para penggunanya agar bisa mengoptimalkan paket datanya serta tentunya menghemat biaya. Semoga beberapa tips memilih paket internet Android di atas bisa membuat Anda lebih selektif dalam menentukan pilihan.
0 Komentar untuk "Memilih Paket Internet Smartphone Android Dengan Tepat"

Back To Top