Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Android One, Program Ponsel Android Murah dari Google

iTekno.co.id - Perusahaan raksasa internet Google mengumumkan akan meluncurkan sebuah program untuk pembuatan ponsel Android murah yang disebut dengan Smartphone Android One pada ajang Google I/O, di San Francisco, Amerika Serikat. Setelah sebelumnya mengumumkan mengenai sistem operasi mobile penerus Kitkat, yaitu Android L.


Android One merupakan program smartphone Android harga murah dengan memberikan fitur terpadu untuk dipasarkan di negara-negara berkembang. Google akan membuat referensi desain atau model smartphone Android One ini sebagai acuan. Kemudian model smartphone ini bisa diambil untuk diproduksi oleh para pabrikan rekanan Google. Sehingga smartphone Android yang dihasilkan melalui program ini seharusnya bakal dibanderol relatif terjangkau.


Ponsel Android One ini akan menggunakan sistem operasi Android versi stock dari Google, tetapi produsen OEM dan mitra operator bisa menambahkan aplikasi bawaan mereka sendiri. Proses update software dan aplikasi bisa dilakukan secara otomatis, seperti pada ponsel Android lainnya.


ponsel micromax android one google


Menurut Google, program Android One pertama-tama akan mulai dijalankan di India sekitar kuartal ketiga 2014, di mana para rekanan Google di negara itu, seperti Karbonn, Cromax, dan Spice bakal ikut memproduksi ponsel Android One.


Pada acara tersebut, Google turut menunjukkan contoh sebuah unit smartphone Android One besutan Micromax yang dibekali layar 4,5 inci, FM Radio, dual-SIM, dan slot SD card. Ponsel pintar ini dihargai kurang dari 100 dollar AS.


Saat ini tercatat sudah ada tiga vendor yang siap meluncurkan program smartphone Android One, yakni Micromax, Spice dan Karbonn. Kita tunggu saja perkembangan dari proyek Android One ini, mudah-mudahan bisa segera masuk pasar Indonesia.




Baca Juga : Google Umumkan OS Android L, Penerus KitKat


0 Komentar untuk "Android One, Program Ponsel Android Murah dari Google"

Back To Top