Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Google Umumkan OS Android L, Penerus KitKat

iTekno.co.id - Google resmi mengumumkan sistem operasi mobile Android terbarunya yang diberi nama Android L sebagai penerus Android Kitkat dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014 di San Francisco, Amerika Serikat. Google janji akan meluncur Android L tahun ini dan mengalami sejumlah perubahan besar, terutama dari sisi tampilan antarmuka.


Sebelumnya sempat beredar mengenai kode name Android generasi kelima ini dengan nama Android Lime Pie dan Lollipop seperti tradisi Google yang menamai sistem operasi mobile nya dengan nama makanan dengan abjad yang berurutan.


Pada OS Android L ini Google melakukan perubahan besar dengan menggunakan bahasa desain baru yang disebut Material Design. Perubahan tampilan ini membuat Android L sangat berbeda dengan Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang meluncur pada 2011.


Rilis Android L terbaru


Tampilan baru Android L menawarkan antarmuka yang datar dan simpel dengan unsur membulat dan tepi yang lembut. Lebih dari itu, Google juga menyertakan animasi dalam transisi yang berjalan mulus.


Pihak Google pun mempersilakan pengembang aplikasi untuk memperindah tampilan aplikasi mereka dengan efek kedalaman, percikan warna, dan bayangan. Pada Android L terbaru, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan notifikasi yang muncul di tampilan layar terkunci.


Tampilan Android L Terbaru


Ada pula sistem notifikasi interaktif baru yang disebut heads-up notifications. Fitur ini mampu bekerja saat pengguna sedang bermain game lalu muncul panggilan masuk. Nah, notifikasi panggilan masuk ini akan muncul di bagian atas layar, lalu pengguna dapat mengabaikan sepenuhnya, menerima atau menutup panggilan tersebut.


Material Design bukan hanya ditujukan untuk Android L saja, namun juga akan diaplikasikan pada sistem operasi Chrome OS dan berbagai layanan Google di situs web. Langkah ini memperlihatkan bagaimana Google ingin memberi pengalaman yang konsisten kepada pengguna.


Pada Android L inipun akan memiliki peningkatan dan mode baru yang memungkinkan pengguna dan developer lebih mengontrol konsumsi daya aplikasi. Selain itu, Android L juga memiliki mode hemat baterai untuk mengoptimalkan daya tahan baterai.


Dengan kehadiran versi terbaru ini, Google sedang mencoba lebih mengontrol Android, sekaligus menjaganya untuk tetap 'terbuka'. Raksasa mesin pencari ini juga lebih memperketat keamanan terhadap malware dan memberikan lebih banyak hal dalam pembaruan OS termasuk untuk patch keamanan hingga layanan Google Play.


Pembaruan Android disebut akan keluar setiap enam pekan dan tersedia untuk pengguna, tanpa perlu bergantung pada pembaruan operator atau manufaktur perangkat.


Google akan merilis versi Developer Preview L untuk pada hari ini, waktu setempat. Sedangkan ketersediaan untuk konsumen di mulai pada musim gugur.

0 Komentar untuk "Google Umumkan OS Android L, Penerus KitKat"

Back To Top