Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Ponsel Dengan Firefox OS akan Masuk Indonesia

iTekno.co.id - Indonesia dipastikan menjadi salah satu negara yang ditargetkan oleh Mozilla untuk memasarkan smartphone berbasis Firefox OS. Smartphone tersebut diharapkan bisa masuk dan mulai dijual di Indonesia pada akhir tahun 2014.


Menurut beberapa sumber online, ponsel dengan Firefox OS akan dijual di India dan Indonesia mulai akhir tahun 2014 ini, dengan banderol harga 25 dollar AS atau sekitar Rp 300 ribu. Dengan harga ini menjadikan ponsel sistem operasi Firefox layak untuk dinanti.


Seperti diketahui, Mozilla selama ini telah mengembangkan smartphone murahnya dengan sistem operasi yang mereka kembangkan sendiri, Firefox OS, sebagai alternatif dari dominasi OS Android besutan Google, Windows Phone dan iOS milik Apple.


Ponsel Firefox OS


Untuk memproduksi perangkat Firefox OS, Mozilla telah menggandeng empat produsen handset besar, termasuk ZTE, Alcatel dan LG. Saat ini, Firefox OS sudah mulai dijual di negara-negara Eropa dan Amerika Latin, namun harganya lebih tinggi dari rencana awal, yaitu 60 dollar AS. Mozilla merasa harga itu masih mahal untuk konsumen di India dan negara-negara Asia Tenggara.


Karena itu untuk menekan harga, Mozilla menggandeng produsen chip Tiongkok, Spreadtrum Communications Inc., untuk membuat chip murah sehingga smartphone-nya bisa dijual di kisaran harga 25 dollar AS untuk pasar India dan Indonesia.


Dengan banderol harga 25 dollar AS atau sekitar 300rb-an, maka tidak ada jarak antara smartphone dan feature phone, harga yang menarik ini akan memotivasi pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone dengan sistem operasi Firefox ini.


Walau demikian, Mozilla diramalkan akan menghadapi tantangan serius, sebab di negara-negara seperti India dan indonesia, banyak smartphone Android yang dijual dengan harga kompetitif, bahkan di bawah Rp 1 juta. Di sisi lain, ekosistem Firefox dinilai belum kuat untuk melawan jutaan aplikasi yang dimiliki oleh Android dan iOS.

0 Komentar untuk "Ponsel Dengan Firefox OS akan Masuk Indonesia"

Back To Top