Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Microsoft Akan Rilis Windows 10 Bukan Windows 9, Mengapa?

iTekno.co.id - Microsoft sebagai vendor sistem operasi terbesar, akan membuat sedikit kejutan ketika memperkenalkan Windows versi berikutnya beberapa waktu ke depan. Melenceng dari perkiraan sebelumnya, sistem operasi penerus Windows 8 yang bakal digunakan oleh PC, smartphone, dan tablet itu bukan bernama Windows 9, melainkan Microsoft Windows 10.


Secara resmi alasan mengapa Microsoft melompati angka "9" dengan Windows 10 belum diketahui pasti. Namun seorang mantan developer Microsoft yang dikutip oleh salah satu majalah online menjelaskan bahwa pemilihan nama tersebut disebabkan oleh sebuah "kesalahan kode" sederhana.


Tampilan Microsoft Windows 10


Di forum online Reddit, sang developer menjelaskan bahwa sebuah aplikasi mendeteksi versi Windows yang dipakai pengguna dengan cara melihat angka pertama dari nama sistem operasi yang bersangkutan.


Menurut dia, potongan kode yang digunakan untuk mengidentifikasi versi Windows adalah:


if(version.StartsWith("Windows 9"))
{ /*95 and 98 */
} else {


Dengan kata lain, jika nama versi yang tertulis adalah "Windows 9", maka aplikasi akan beranggapan bahwa versi Windows yang dijalankan oleh pengguna adalah "Windows 95" atau "Windows 98" yang sudah berumur belasan tahun. Bila nama "Windows 9" tetap dipakai akan sangat berbahaya dengan kata lain berpotensi menimbulkan kendala kompatibilitas.


Nah, solusi praktisnya adalah dengan melompati nama Windows 9 yang menjadi masalah dan langsung menggunakan embel-embel angka 10. Entah apa yang menjadi akar persoalan. Bisa jadi para pengembang Windows 95/98 dulu tak berpikir panjang bahwa bakal ada versi Windows lain yang memakai awalan angka "9".


Hal semacam ini juga pernah terjadi dengan bug "Y2K" yang sempat bikin heboh sewaktu pergantian Windows Milenium 14 tahun silam. Kala itu sistem penanggalan komputer yang hanya mengidentifikasi tahun berdasarkan dua angka terakhir (misalnya "98" untuk tahun "1998") dikhawatirkan mengalami kebingungan antara tahun 1900 dan 2000.


Nmaun pihak Microsoft sendiri menyebut, sengaja melangkahi penamaan Windows 9 karena adanya perubahan besar-besaran yang mereka lakukan, tidak sekadar pembaruan minor. Jadi kita tunggu saja kehadiran Microsoft Windows 10 Terbaru.

Tag : Berita
0 Komentar untuk "Microsoft Akan Rilis Windows 10 Bukan Windows 9, Mengapa?"

Back To Top