Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Dibanding Redmi 1S

iTekno.co.id - Ingin mengulang kesuksesan pendahulunya, Xiaomi telah meluncurkan perangkat terbaru mereka yaitu Ponsel Xiaomi Redmi 2 dan Mi Pad mengusung spesifikasi mumpuni dengan banderol kompetitif. Hugo Barra selaku VP International Xiaomi mengatakan, pertumbuhan jumlah penggemar Xiaomi di Indonesia cukup signifikan. Belum setahun sejak model Redmi 1S diluncurkan, terdapat lebih dari 63 ribu penggemar Xiaomi (Mi Fans) di Indonesia.


Kali ini brand smartphone asal Tiongkok itu memperkenalkan penerus Redmi 1S, yakni Redmi 2. Apa saja kehebatan handset dengan fitur dual SIM 4G tersebut dibanding model Redmi 1S? Berikut ulasannya.


Desain Body


Smartphone terbaru Xiaomi Redmi 2 mengusung ketipisan bodi 9.4mm dan berat 133 gram (dimensi 134 x 67.2 x 9.4 mm). Sementara Redmi 1S hadir dengan berat 158 gram dan ketipisan bodi 9.9mm (dimensi 137 x 69 x 9.9 mm).


Layar


Redmi 1S dan Redmi 2 sama-sama mengusung layar 4,7 inci. Bedanya, Redmi 2 mengadopsi apa yang mereka sebut sebagai Laminated Display serta Glass AGC Dragontrail dari Jepang. Hugo Barra menguji ketahanan layar Redmi 2, menggosoknya dengan menggunakan ujung gunting dan layar tetap kuat serta tidak tergores.


Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Redmi 2 dan Redmi 1S


Redmi 2 mengusung teknologi In-plane switching (IPS), kerapatan layar 312 pixels per inch (ppi), resolusi 1280 x 720 piksel. Hugo mengatakan, Redmi 2 menghasilkan 70 persen color gamut lebih baik, sehingga gradasi warna pada layar semakin nyata dan warna lebih akurat.


Prosesor


Redmi 2 hadir dengan prosesor quad-core Snapdragon 410, 64-bit (1.2GHz). Sedangkan Redmi 1S menampilkan prosesor quad-core Snapdragon 400 1.6GHz. Walaupun sama-sama menghadirkan chip quad-core, model Snapdragon 410 (Redmi 2) diklaim lebih tangguh dan mengusung sistem mobile 64-bit pertama dengan kinerja lebih baik.


Kamera


Redmi 2 hadir dengan fitur kamera belakang 8MP, serupa dengan Redmi 1S. Namun, pada bagian kamera depan, Xiaomi menyematkan kekuatan tembak 2MP yang mampu merekam video 720p. Sedangkan, kamera depan Redmi 1S mengusung kekuatan tembak 1,6MP.


Kamera Redmi 2 menawarkan fitur lebih kaya dengan modus beauty maupun HDR. Sehingga, pada saat pengguna melakukan selfie, ada algoritma yang membaca wajah pengguna berdasarkan jenis kelamin serta usia, kemudian smartphone akan menghasilkan foto yang lebih jernih dan terang.


Baterai


Bila Redmi 1S menghadirkan kapasitas baterai 2000 mAh, Redmi 2 tampil dengan sedikit peningkatan menjadi 2200 mAh. Hugo Barra menyampaikan, Redmi 2 dilengkapi dengan fitur Quick Charge 1.0, sehingga handset diklaim dapat melakukan pengisian baterai 20 persen lebih cepat dibandingkan Redmi 1S.


Sistem Operasi & UI


Hugo Barra menjelaskan mengenai kekuatan Redmi 2 yang terletak pada software atau antarmuka (user interface) MIUI 6. Redmi 2 juga sudah dilengkapi dengan Android KitKat 4.4. Sedangkan Redmi 1S masih didukung dengan Android Jelly Bean serta versi MIUI 5.


Pria kelahiran Brasil yang mengenakan kaus hitam ini mengatakan, ada banyak keunggulan yang bisa dirasakan pengguna pada MIUI 6. Versi terbaru ini menghadirkan unsur baru antara lain Color, Motion, serta Content. MIUI menampilkan icon-icon baru, transisi animasi lebih hidup serta notifikasi yang tidak mengganggu pekerjaan pengguna.


MIUI 6 juga dapat menghadirkan tampilan notifikasi yang mengapung di atas layar. Misalnya, pada saat terdapat panggilan telefon, Redmi 2 dengan MIUI 6 memunculkan notifikasi di atas layar tanpa mengganggu aktivitas sosial media pengguna. Versi terbaru ini juga dapat mengkategorisasikan notifikasi berdasarkan tingkat prioritas.


Harga


Peningkatan pada Redmi 2 salah satunya terlihat pada dukungan jaringan 4G (dual-SIM 4G). Bila harga awal Redmi 1S pada saat meluncur di Indonesia dibanderol dengan harga Rp1,499 juta, Redmi 2 dilepas dengan harga Rp1,599 juta (selisih Rp100 ribu). Redmi 2 (hanya tersedia varian warna putih) mulai dijual di Indonesia pada 8 April 2015 melalui metode penjualan flash sale di salah satu toko online terbesar di Indonesia.

0 Komentar untuk "Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Dibanding Redmi 1S"

Back To Top