Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online

Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android - Dengan semakin merebaknya perkembangan smartphone, terutama yang berbasis iOS dan Android, kian banyak pengembang aplikasi bermunculan. Apalagi saat ini telah banyak pengembang aplikasi yang meraup sukses dalam waktu relatif singkat. Contoh terakhir adalah aplikasi WhatsApp yang dibeli Facebook dengan nilai miliaran dollar, lalu Flappy Bird yang meraup sukses sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh. Flappy Bird meskipun gratis, pengembangnya meraih keuntungan finansial dari iklan yang nilainya bisa ratusan dollar per hari.

Siapa yang tidak tertarik melihat kesuksesan seperti itu, apalagi kelihatannya sangat mudah diraih. Anda mau coba-coba ikutan membuat aplikasi yang siapa tahu akan mengikuti kesuksesan Flappy Bird dan WhatsApp? Mungkin Anda berpikir membuat aplikasi Android itu sulit, butuh kemampuan programming yang rumit. Jangan salah, kini banyak website yang menawarkan pembuatan aplikasi untuk smartphone yang mudah diikuti, tanpa perlu kemampuan programming dan coding. Salah satunya adalah iBuildApp.
Tutorial Cara Mudah Membuat Aplikasi Android

Kita bisa mulai membuat aplikasi Android dengan mudah lewat iBuildApp dengan mendaftarkan akun secara gratis, bisa menggunakan akun Facebook. Setelah itu, kita bisa pilih Make Your Own App. Lalu kita pilih desain berdasarkan template yang sudah tersedia. Kita bisa memilih sesuai aplikasi yang akan kita buat dengan kategori seperti Small Business, Radio, Blogs & Magazine, Photography, Sport, Restaurant, dan Commerce.

Memang ada pilihan Free dan berbayar, sebagai latihan pilih saja template yang Free. Setelah menemukan template yang diinginkan, klik tombol Create App, maka akan masuk ke bagian untuk mendesain aplikasi kita. Kita tinggal mengikuti petunjuk Step-by-Step di website tersebut. Jangan takut membuat kesalahan karena kita bisa mengulang prosesnya atau kembali ke bagian tertentu kapan saja. Bahkan kita bisa mengedit lagi di lain kesempatan. Yang penting jadi dulu aplikasi pertama kita.

Di bagian Design ada pilihan:

Select A Background - Di sini kita bisa memilih background untuk aplikasi kita, bisa pilih yang tersedia atau kita bisa juga upload image dari komputer kita. Setelah selesai klik CONTINUE.

Manage Navigation - Di bagian ini kita bisa mengatur tombol-tombol yang akan ada di aplikasi kita, termasuk mengganti judulnya dan bentuk desainnya. Klik saja bagian edit yang ditandai dengan pensil kecil. Kalau kita mau menghilangkan tombol yang tidak kita inginkan bisa geser ON/OFF yang ada di samping button.

Edit Logo - Ini adalah tempat kita mengganti logo dengan logo kita sendiri. Kalau kita belum siap dengan logo sendiri, biarkan saja sesuai yang ada di template.

Select A Splash Screen - Ini adalah screen yang akan tampil di aplikasi saat interval masuk ke setiap Page. Sayangnya, untuk versi Free kita tidak bisa mengubahnya. Jika ingin menggantinya, kita harus UPGRADE yang berarti harus membayar.

Manage Content - Di sinilah kita bisa mengatur konten apa saja yang akan ada di aplikasi kita. Kita bisa memasukkan teks, audio, video, link, code dan sebagainya sesuai kebutuhan. Sebagai pemula masukkan saja konten sesuai instruksi. Nanti jika kita telah memiliki materi konten yang lebih banyak, kita bisa mengaturnya lagi. Tanda seru warna oranye di setiap tombol konten menunjukkan bahwa konten di bagian itu masih harus diisi.

Setelah selesai melakukan setting pada aplikasi yang kita buat, jangan lupa untuk SAVE. Kita juga bisa menamai aplikasi kita ini dengan edit nama yang biasanya secara default diberi nama: NewApp_1. Setelah selesai semua, kita masuk ke bagian PUBLISH. Dengan meng-klik Publish berarti aplikasi kita akan ada di iBuildApp App Store, toko aplikasi yang ada di website iBuildApp. Di sini kita bisa mencoba aplikasi yang baru saja kita buat dengan klik: Test My App. Kita akan mendapatkan link dan QR Code yang bisa kita share ke Facebook dan Twitter. Aplikasi ini akan terinstall di iPhone dan Android kita.

Apabila kita ingin aplikasi ini terpampang di App Store-nya Apple dan Google Play sehingga bisa diunduh oleh lebih banyak orang kita harus upgrade dengan membeli paket sesuai pilihan.

Demikian artikel mengenai Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android dengan mudah secara online. Semoga bermanfaat.
Tag : Android, Tutorial
0 Komentar untuk "Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online"

Back To Top