Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Review HTC One M8, Ponsel Android Desain Mewah dan Tangguh

iTekno.co.id - HTC One menjadi salah satu smartphone favorit di pasar gadget dunia tahun 2014 ini. Perusahaan HTC menunjukkan kerja kerasnya dalam mendesain ponsel cantik, keren, spesifikasi tangguh, dan kinerja kencang. Secara filosofi nama "One" diambil HTC dengan harapan smartphone tersebut bisa menjadi "The One," atau ponsel terpilih.


Pada tahun 2014 ini, HTC kembali menghadirkan smartphone keren dan tangguh yang patut diperhitungkan oleh para kompetitornya. Ponsel Android tersebut masih mengusung nama HTC One dengan diberi keterangan "M8" di belakangnya.


Ponsel HTC One M8 memiliki layar yang lebih besar, spesifikasi komponen yang lebih tinggi, menawarkan dua sensor kamera belakang (yang membuat banyak orang penasaran), serta perbaikan pada tampilan User Interface (UI) HTC Sense.


Ponsel HTC One M8 masih mengusung teknologi audio BoomSound yang diletakkan di bagian atas dan bawah layar serta material alumunium pada body seperti pendahulunya.


Dilihat dari spesifikasinya, HTC One M8 memang terlihat lebih baik dari HTC One sebelumnya yang diberi kode M7. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Ponsel HTC One M8, mari mulai ulasan ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.



Desain HTC One M8


Ponsel Android HTC One M8 didesain dengan balutan sudut-sudut membulat. Luas layar 5 inci bisa disebut sebagai ukuran ideal untuk smartphone saat ini. Resolusi layarnya sama dengan One M7, yaitu 1.920 x 1080 pixel, namun kepadatan pixel HTC One M8 adalah 441 pixel per inci (ppi), lebih kecil dari One M7 yang mencapai 469 ppi.




[caption id="attachment_704" align="aligncenter" width="675"]Desain HTC One M8 Desain HTC One M8[/caption]

Namun, perbedaan kepadatan pixel tersebut tidak terlalu memengaruhi kualitas layar HTC One M8. Kualitas layar One M8 tetap sedap dipandang dengan kecerahan dan kontras tanpa saturasi berlebihan.


Sementara itu, sekeliling layar One M8 dibingkai dengan bezel berwarna hitam glossy dan dilindungi dengan kaca anti-baret Gorilla Glass 3. HTC One M8 mengusung dimensi 146,4 x 70,6 mm membuatnya lebih panjang namun HTC menjaga agar ponsel tersebut tidak terlalu lebar dengan ketebalan hanya 9,3 mm.


Sebagian besar body HTC One M8 dibalut oleh material alumunium dengan tekstur matte. Material ini membuat Ponsel One M8 terasa dingin saat digenggam di ruangan ber-AC. Material ini juga membuatnya terlihat kokoh saat berada dalam genggaman.


Desain Body  HTC One M8

Sisi atas dan bawah ponsel yang mengapit layar didesain agak lebar untuk mengakomodir dua unit speaker yang memakai teknologi BoomSound. Maksudnya, agar terdapat jarak dan penempatan untuk speaker stereo yang memadai. Bentuk yang melebar tersebut sekilas membuatnya mirip dengan BlackBerry Z10.


Penempatan speaker dan teknologi BoomSound pada HTC One M8 mampu memberikan kualitas audio yang lantang dan jernih, sangat pas untuk aktivitas video streaming dalam posisi landscape. Patut dimaklumi dentuman bass dari speaker ini kurang menghentak karena keterbatasan ukuran speaker di perangkat mobile.


Speaker HTC One M8

Untuk menyalakan layar ketika ponsel dalam posisi siaga, Anda tak perlu repot-repot menekan tombol daya yang berada di sisi atas. Cukup mengetuk layar dua kali, atau menggeser layar ke kanan atau kiri, maka layar akan menyala.


Setelah mengetuk layar dua kali, geser ke kiri untuk masuk ke menu utama. Sementara jika digeser ke kanan akan masuk ke BlinkFeed. Cara ini sangat unik dan memberi pengalaman berbeda.


Untuk masalah konektivitas, pengguna bisa menemukan slot kartu Nano SIM GSM di sisi kiri. Di sisi kanan ponsel terdapat slot kartu memori eksternal MicroSD (hingga 128GB) serta tombol pengatur volume. NAmun sepertinya tombol pengatur volume ini agak sulit diraba karena tidak terlalu menonjol. Sementara port audio 3,5mm dan port MicroUSB bisa ditemukan di sisi bawah.



Operating System dan UI HTC One M8


Pihak HTC melakukan modifikasi atas sistem operasi Android 4.2.2 (KitKat) yang berjalan di atasnya. HTC menyebut hasil modifikasi itu sebagai Sense UI yang kini telah mencapai versi 6. Berbeda dengan versi sebelumnya, Sense 6 tampil lebih simpel tapi tetap elegan dan keren. Jenis huruf yang dipakai sangat nyaman dibaca.


Kini halaman "All Apps" hadir tanpa informasi waktu dan cuaca. Halaman tersebut hadir dengan latar belakang berwarna hitam dengan deretan ikon yang tampak datar, tanpa efek 3D, drop shadow, atau apapun. Di bagian kanan atas terdapat tombol jalan pintas untuk mencari aplikasi, Google Play Store, dan menu untuk mengelola aplikasi.


Ketiadaan informasi waktu dan cuaca membuat ikon aplikasi yang ditampung lebih banyak, mencapai 20 aplikasi per halaman "All Apps." Hal ini lebih memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi.


Tampilan antarmuka sistem operasi Android dengan HTC Sense 6

Salah satu aplikasi andalan yang disediakan HTC One M8 adalah BlinkFeed, sebuah aplikasi untuk membaca berita dari sumber-sumber yang bisa disesuaikan serta menampilkan segala informasi terkini dari media sosial seperti Facebook dan Twitter. Posisi BlinkFeed ada di layar utama paling kiri.


Secara umum, aplikasi ini sangat berguna untuk Anda yang gemar membaca berita dari kantor berita asing maupun nasional karena pengguna tak akan kehabisan bahan bacaan. Tampilan BlinkFeed identik dengan nuansa kotak-kotak yang mirip dengan Live Tiles di ponsel Windows Phone.


Tampilan Fitur BlinkFeed

Kekurangan BlinkFeed adalah, pengguna hanya dapat memilih informasi terkini dari sumber-sumber yang telah bekerjasama dengan HTC saja, tak bisa secara leluasa menambahkan sumber sendiri, seperti pada aplikasi Flipboard.


HTC membawa sejumlah aplikasi yang bermanfaat untuk pengguna One M8, antara lain Polaris Office 5 untuk mendukung produktivitas, Flashlight untuk memberi penerangan dari lampu kilat LED, dan Stocks untuk memantau bursa saham.


Satu hal yang agak cukup mengecewakan dari UI Sense 6 di ponsel HTC One M8 ini adalah aplikasi papan ketik (keyboard) yang cukup merepotkan.


Susunan antar tombol didesain rapat tanpa celah dengan ukurannya kecil, lalu tombol itu dibubuhi dengan karakter atau ikon yang menganggu pemandangan. Tombol spasi juga tidak berada tepat di tengah. Terkadang jari ini salah menekan tombol garis miring atau malah menekan Home, padahal bermaksud menekan spasi. Namun sebagai jalan keluar, Anda dapat memasang aplikasi keyboard SwiftKey atau sejenisnya di Google Play Store.



Dapur Pacu HTC One M8


Kinerja dari HTC One M8 ditenagai oleh prosesor quad-core Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 kecepatan 2,3GHz, unit prosesor grafis Adreno 330, RAM 2GB, dan memori internal 16GB.


Dengan dukungan spesifikasi komponen seperti ini, Anda tak perlu meragukan kemampuan HTC One M8 dalam memainkan game kelas berat hingga menonton video beresolusi tinggi. Semua itu bisa berjalan mulus tanpa hambatan.


Berikut adalah data performa One M8 ketika diuji dengan aplikasi Antutu dan Quadrant. One M8 mendapatkan skor 37425 di Antutu dan 25506 di Quadrant.


kinerja HTC One M8

Namun perlu diperhatikan juga kapasitas baterai HTC One 8 sebesar 2.600mAh tidak cukup lama menopang daya hidupnya, sehingga terkesan boros.


Masalah macam ini nampaknya tak hanya ditemui pada HTC One M8. Baterai yang jadi masalah umum ponsel pintar yang ada di pasar, sehingga tak mengherankan banyak orang yang tak pernah melupakan pengisi daya portabel alias powerbank sebagai bawaan wajib.


Perlu dicatat bahwa memainkan konten kelas berat akan membuat baterai cepat habis, apalagi jika pengguna terus-menerus mengakses media sosial, berselancar internet, atau berbalas email, yang semua itu berhubungan dengan koneksi internet.


Koneksi seluler dan internet yang tidak stabil juga membuat baterai cepat habis lantaran komponen antena terus-menerus bekerja mencari sinyal, dan hal ini juga membuat ponsel menjadi panas.


Jika baterai dalam keadaan sekarat dan Anda masih membutuhkan ponsel untuk komunikasi, HTC One M8 menyediakan fitur Power Saver. Fitur ini sedikit membantu dalam menghemat daya karena ia menonaktifkan semuanya, kecuali telepon, SMS, dan melakukan refresh email secara manual.



Kamera HTC One M8


Salah satu yang menjadi perhatian orang terhadap ponsel HTC One M8 adalah fitur kameranya. Ponsel Android ini disertai kamera 5MP di bagian depan. Kamera depan ini mampu mengambil foto dengan resolusi tinggi serta punya sudut pandang yang lebar.


Sementara di bagian belakang terdapat dua lampu kilat LED, masing-masing berwarna putih dan kuning, serta dua unit kamera. Kamera bawah yang berukuran besar berguna untuk mengambil kelebaran gambar (wide) serta kamera atas yang berukuran lebih kecil berguna untuk mengambil kedalaman gambar (depth).


Dual Kamera HTC One M8

Kedua kamera belakang itu masing-masing beresolusi 4MP, namun di belakangnya ditambah keterangan UltraPixel. UltraPixel bukan satuan hitung, ini merupakan istilah pemasaran belaka. Namun, di balik istilah pemasaran itu, ada hal teknis tak biasa yang dilakukan HTC dalam teknologi kamera mereka.


Istilah Ultrapixel yang dimaksud HTC mengacu pada ukuran reseptor cahaya (pixel) pada sensor kamera HTC One M8 yang lebih besar dibandingkan ponsel pintar lainnya. Ukuran yang lebih besar tersebut diklaim membuat sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan mampu menghasilkan gambar lebih bagus.


Ukuran sensor kamera UltraPixel sendiri juga diklaim lebih besar dibandingkan ponsel pintar lain, yaitu 1/3 inci. Dengan fitur ini kamera HTC One M8 dapat mengambil gambar lebih terang pada ruangan yang kekurangan cahaya.


Sementara itu, kekurangan teknologi ini adalah, kamera HTC One M8 hanya memiliki resolusi 4 MP atau jauh di bawah ponsel pintar premium lainnya yang kini mengusung sensor 8 megapixel atau bahkan 13 megapixel.


Secara keseluruhan, kualitas foto yang dihasilkan dari kamera One M8 terbilang baik. Warna-warna tampil cerah dengan kontras tinggi dan bebas noise, termasuk dalam kondisi gelap sekalipun. Berikut contoh-contohnya.


Hasil Foto HTC One M8 Dalam Ruangan Hasil Foto HTC One M8 Siang

HTC membekali beberapa fitur pada aplikasi foto. Sebelum mengambil gambar, pengguna dapat mengatur ISO hingga White Balance, atau memilih menu foto Selfie, Video, Panorama 360, hingga Zoe Camera.



Kesimpulan : Kelebihan dan Kekurangan HTC One M8


Kelebihan HTC One M8



  • Desain tubuh ponsel keren dengan material alumunium

  • Layar besar dan cemerlang

  • Performa mantap

  • Suara yang dihasilkan dari speaker lantang dan jernih

  • Dua unit kamera bagian belakang menghasilkan kualitas foto dan video yang indah, bahkan di ruangan yang kekurangan cahaya

  • Memakai dua lampu kilat LED (warna putih dan kuning)

  • Terdapat fitur unggulan, yaitu BlinkFeed, Zoe, dan Highlights Reel

  • Tersedia slot MicroSD untuk memperluas penyimpan data


Kekurangan HTC One M8



  • Baterai cukup boros (ini masalah umum ponsel pintar)

  • Dari sektor kamera, masih terdapat gangguan efek warna ungu pada objek yang terkena kontras tinggi

  • Fitur BlinkFeed tak bisa memilih saluran penyedia konten secara bebas

  • Struktur dan desain keyboard virtual yang cukup menyulitkan


Spesifikasi HTC One M8



  • Prosesor Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 quad-core 2,3GHz Krait 400

  • Unit prosesor grafis Adreno 330

  • RAM 2GB

  • Penyimpanan data internal 16GB

  • Ekspansi penyimpanan data kartu MicroSD hingga 128GB

  • Sistem operasi Android 4.4.2 (KitKat)

  • Layar Super LCD3 ukuran 5 inci, beresolusi 1.920 x 1.080 pixel, kerapatan 441 pixel per inci (ppi), dilapisi kaca anti-gores Gorilla Glass 3

  • Kamera utama 4 megapixel dan 4 megapixel dengan dua lampu kilat LED (warna putih dan kuning)

  • Kamera depan 5 megapixel

  • Baterai 2.600mAh

  • Konetivitas kartu Nano SIM, GSM, 2G, 3G, 4G LTE, MicroSD, MicroUSB, Bluetoothh, NFC, Wi-Fi, Wi-Fi Hotspot, Infrared, GPS, MHL, DLNA, Radio FM

  • Dimensi 146.4 x 70.6 x 9.4 mm

  • Bobot 160 g

  • Warna gray, silver, gold

  • Harga Belum ada keterangan resmi soal harga HTC One (M8)


Demikian informasi mengenai Review HTC One M8, Ponsel Android Desain Mewah dan Tangguh. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Review HTC One M8, Ponsel Android Desain Mewah dan Tangguh"

Back To Top