Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Tips Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android

iTekno.co.id - Internet sekarang ini menjadi kebutuhan salah satu paling utama bagi sebagian besar masyarakat. Dengan semakin meningkatnya pengguna smartphone yang memerlukan koneksi internet sebagai sarana utama komunikasi untuk messenging, jalannya aplikasi, serta mengolah informasi, membuat kebutuhan akan internet terus meningkat.


Sekarang ini banyak provider yang telah bersaing memberikan layanan internet super cepat dengan harga yang cukup bervariatif. Hanya saja, kecepatan internet akan sebanding dengan habisnya kuota atau bandwith. Semakin cepat internet, maka akan semakin cepat pula kuota habis.


Menghemat Kuota Internet Android


Biasanya paket internet berbasis quota harganya lebih murah, soalnya jika sudah habis kuota paket internetnya, pengguna tidak bisa tersambung internet lagi. Seperti contoh, paket quota 1 GB bisa sangat cukup digunakan sebulan, tapi kita harus benar-benar menghemat penggunaannya.


Permasalahan yang sering terjadi pada pengguna smartphone khususnya ponsel Android adalah kuota internet yang cepat habis. Mungkin Anda pernah mengalaminya? padahal aktivitas internet hanya dilakukan untuk browsing dan chatting saja. Nah jika kasus semacam itu pernah Anda alami, salah satunya bisa jadi terdapat pengaturan browser yang kurang tepat. Berikut tips menghemat kuota paket data internet agar tidak cepat habis.


[accordions][accordion title="Baca Juga"]




[/accordion][/accordions]


1. Matikan koneksi internet saat tak digunakan


Salah satu cara menghemat koneksi internet adalah menonaktifkan koneksi data pada saat yang tidak digunakan. Misalnya, malam hari sewaktu Anda tidur. Nah, matikan saja koneksi internetnya, mubazir juga notifikasi dari Facebook, Email, atau Twitter masuk saat kita tidur. Selain itu, ini juga akan menghemat baterai.


Menghemat Kuota Internet Android


Cara paling praktis adalah dengan widget tombol switch koneksi paket data, ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai, atau biasanya ini sudah jadi widget bawaan launcher tertentu.


2. Matikan Auto-Sync Yang Tidak Perlu


Ada banyak pilihan untuk Auto-Sync, akun Google sendiri punya beberapa layanan, sebaiknya pilih yang penting-penting saja, misalnya Contacts, Gmail, dan Calendar. Anda dapat mengaturnya lewat Setting/Pengaturan - Account & Sync Setting.


Non aktifkan Auto-Sync Android


3. Matikan Auto-Update Google Play Store


Nah, hal ini sering kita kurang diperhatikan, karena secara default pilihan auto-update ini tercentang. Pilihan lainnya adalah auto-update ketika menggunakan koneksi WiFi saja. Ini akan menhemat quota banyak sekali karena ukuran aplikasi Android lumayan besar, apalagi kalau games.


Non Aktif Auto-Update Google Play Store


4. Jangan terlalu sering membuka foto dan video

Melihat konten foto dan video, baik itu melalui browser atau aplikasi jejaring sosial semacam Facebook dan Instagram akan memakan kuota paket data yang cukup besar, jadi bijaklah, jangan terlalu sering membuka konten foto/gambar dan video.

5. Aktifkan Fitur Kompresi Data pada Browser

Fitur ini jarang sekali diketahui oleh pengguna ponsel Android. Karena kebanyakan pengguna hanya menggunakan begitu saja tanpa melakukan pengaturan browser yang mereka miliki. Padahal baik Chrome atau Opera ternyata memiliki fitur kompresi data yang sangat baik sehingga dapat menghemat kuota internet secara signifikan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikuti langkah berikut ini :

Pada Chrome

Buka browser Chrome kemudian klik pada Menu - Setting lalu akan muncul beberapa opsi lain, pilih Bandwith Management, lalu aktifkan fitur Reduce Data Usage menjadi ON (lihat gambar di bawah).

Menghemat Kuota Internet Android pada Chrome

Pada Opera

Fitur kompresi data juga akan kita temui pada browser Opera, untuk mengaktifkannya sentuh logo opera pada kanan bawah. Seketika akan muncul pengaturan Off-Road. Ubah menjadi ON dengan cara menggeser saklarnya.

Menghemat Kuota Internet Android pada Opera Mini

Demikian informasi mengenai Tips Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android. Semoga bermanfaat.
1 Komentar untuk "Tips Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android"

apalah gunanya kita aktifin internet di hp kalo hanya untuk dihemat-hemat hehe

Back To Top