Koleksi Game dan Aplikasi Android Terbaik

Spesifikasi dan Harga Nokia XL Android Layar Lebih Besar

iTekno.co.id - Setelah merilis Nokia X, sebagai ponsel Nokia Android pertama, perusahaan asal Finlandia kembali menggoda para pelanggannya dengan meluncurkan Nokia XL, versi besar dari Nokia X dengan desain yang hampir mirip. Perangkat memiliki bentuk persegi panjang dan cangkang polikarbonat penuh warna dengan bobot cukup ringan hanya sekitar 190 gram.


Bagian depan Nokia XL terdapat display WVGA berukuran 5-inci beresolusi 480x800p dengan kerapatan pixel 187ppi. Kerapatan pixel lebih rendah dari Nokia X karena ukuran layarnya lebih besar. Namun demikian, disebagian besar tile pada antarmuka perangkat yang mirip dengan Windows Phone tetap terlihat tajam. Dibawah layar terdapat tombol kapasitif seperti pada seri Asha dengan label panah.


Nokia XL, Ponsel Android Layar Lebar
Tepi kanan ponsel ditempati tombol volume rocker dan tombol power/pengunci layar berwarna senada dengan ponsel. Port micro-USB ditembatkan dibagian bawah dan jack headset 3.5mm dibagian atas. Pada bagian belakang, terdapat lensa kamera 5MP dan flash LED terletak tepat diatas kamera. Lampu flash LED ini cukup membantu ketika pengguna mengambil gambar dalam kondisi cahaya rendah.


Bila cangkang penutup dilepas, terlihat kompartemen baterai kapasitas 2.000 mAh yang bisa dilepas, dua slot kartu mikro-sim dan slot kartu microSD. Nokia XL ditenagai prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 1GHz dan RAM 768MB dan dilengkapi penyimpanan internal 4GB, yang bisa diperbesar hingga 32GB melalui kartu microSD.


kamera nokia xl
Smartphone menjalankan versi modifikasi dari Android berbasis versi Open Source 4.1.2 dengan layanan dan aplikasi Google termasuk Play Store yang telah dilucuti. Nokia telah membundlenya dengan sejumlah aplikasi populer termasuk BBM, Facebook, Twitter, Skype dan Opera. Ponsel tidak mencakup Google Play store, sebagai gantinya ada Nokia Strore sebagai tempat mendownload aplikasi. Bila masih kurang, store aplikasi Android pihak ketiga juga bisa dipasang dan digunakan.


Antarmuka (UI) ponsel ini sangat berbeda dengan ponsel Android umumnya. Nokia Android ini meminjam beberapa fitur dari platform Asha dan Windows Phone. Pengguna kemungkinan perlu membiasakan diri dengan UI, karena sengaja dilakukan Nokia untuk memberikan pengguna pengalaman berbeda dari ponsel Android lain.


UI dibagi menjadi Fastlane dan launcher berbasis ubin. Fastlane menampilkan notifikasi, aplikasi yang terbuka dan sering digunakan dan personalisasi untuk menyesuaikan keinginan pengguna. Layar lain termasuk ubin bisa diakses dengan menggeser kekiri dan kekanan sama seperti start screen pada Windows phone.


Ponsel Android Nokia XL hadir dengan store aplikasi Nokia, HERE Drive, Map untuk layanan lokasi serta layanan musik Nokia MixRadio. Nokia juga menawarkan ruang simpan gratis dilayanan storage cloud Microsoft OneDrive hingga kapasitas 10GB.


Saat ponsel dicoba, tidak ditemukan masalah apapun saat menavigasi melalui Fastlane dan launcher, bahkan tidak terasa ada lag saat meluncurkan aplikasi. Mengingat spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, wajar bila tidak terlalu berharap ponsel mampu memainkan game Android high-end yang kaya akan grafis dengan baik.


Kamera 2MP dibagian depan ponsel mampu mengambil gambar selfie dengan kualitas baik dengan mengandalkan penerangan dalam ruangan. Sementara gambar yang dihasilkan kamera belakang, lebih baik dari kamera yang ada di Nokia X. Cocok digunakan untuk mengambil gambar dan berbagi dimedia sosial.


Menawarkan perangkat Android khas Nokia sepertinya merupakan strategi perusahaan dipasar ponsel low-end. Sehingga bila kesan pertama yang dibangun menjadi ukuran, Nokia bisa dianggap sukses melakukannya. Antarmuka sangat berbeda dengan ponsel Android umumnya dan Nokia memastikan, perangkat memiliki berbagai aplikasi pilihan meski tanpa akses ke Google Play store.



Spesifikasi Lengkap Nokia XL


[infobox style="alert-info"]

  • Dimensi 141.4 x 77.7 x 10.9 mm

  • Berat 190 g

  • Layar 480 x 800 pixels, 5.0 inches (~187 ppi pixel density)

  • Jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

  • Internal 4 GB

  • Slot microSD, up to 32 GB

  • RAM 768 MB

  • Koneksi GPRS Up to 85.6 kbps

  • EDGE Up to 236.8 kbps

  • Kecepatan HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps

  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot

  • Bluetooth v3.0 with A2DP, HS

  • USB microUSB v2.0

  • Fitur Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean)

  • CPU Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play, Dual-core 1 GHz Cortex-A5

  • GPU Adreno 203

  • Kamera belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash

  • Kamera depan 2 MP

  • Baterai Li-Ion 2000 mAh battery (BN-02)


[/infobox]

Harga Nokia XL


Untuk harga Nokia XL dibanderol dengan kisaran Rp. 1,899.000,-. Saat ini ponsel Nokia XL sudah tersedia di Indonesia. Bagi Anda yang berminat dapat membelinya DISINI.




Baca Juga : Samsung Luncurkan 4 Ponsel Android Kitkat Harga Murah


0 Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga Nokia XL Android Layar Lebih Besar"

Back To Top